BERITA
12 Oktober 2012
PPDB STPMD "APMD" Kerjasama dengan Pemkab Dairi (2)
BIMBINGAN TEKNIS

 MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA

BAGI KEPALA DESA SE KABUPATEN DAIRI

 

KERJASAMA

PUSAT PEMBAHARUAN DESA BERKELANJUTAN (PPDB)

PASCASARJANA (S-2) ILMU PEMERINTAHAN STPMD “APMD” YOGYAKARTA

DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA

YOGYAKARTA ANGKATAN II TANGGAL 6-11 OKTOBER 2012

 

 

 

 

 Bimbingan Teknis Manajemen Pemerintahan Desa angkatan kedua diikuti oleh 67 orang Kades, 6 pendamping dari Kecamatan yakni camat Siempanempu Hilir, Camat Gunung Sitember, Camat Sitinjo, Camat Sumbul, Camat Sidikalang, Camat Silima Pungga-pungga. Adapun pendamping dari Kabupaten Dairi yang ikut mengawal bintek antara lain Asisten Tata Pemerintahan, Kepala Bapermas Pemdes, Kabid PKD, Kasub Bid PKD serta 4 orang staf. Penyelenggaraan BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA di Yogyakarta dimaksudkan agar peserta mendapatkan tambahan wawasan (insight) yang luas terutama atas kunjungan ke desa terpilih yang dijadikan sebagai ajang studi banding.

 

Acara pembukaan BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA diawali dengan penjelasan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta selama 4 hari baik di kelas maupun di luar kelas. Acara ini dipandu oleh Bapak Drs. Suharyanto, MM (Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan Pascasarjana (S-2) STPMD “APMD”. Sambutan penyerahan peserta Bintek oleh Bapak KRA. Johnny Sitohang Adinegoro (Bupati Dairi) sekaligus memberikan pengarahan dan pemotivasian kepada peserta. Sambutan penerimaan peserta bintek disampaikan oleh Ketua Yayasan Pengembangan Pendidikan Tujuh Belas yang antara lain membawahi STPMD “APMD” (Bapak Ir. M. Barori, MSi). Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan dan kerjasama pemerintah Kabupaten Dairi  kepada STPMD “APMD” dalam peningkatan kapasitas pemerintah desa, dengan harapan semoga kerjasama ini berlanjut bahkan diperluas untuk kegiatan lain. Ikut hadir pada kegiatan ini bapak Drs. Pasder Berutu, M.Si. (Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kab. Dairi). Acara pembukaan juga dihadiri segenap fasilitator serta Jajaran BPMPD kab Dairi. Pembukaan BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA  dilakukan oleh Bupati Dairi. Acara dilanjutkan Penyerahan Kenang-kenangan dari Pemkab Dairi kepada STPMD “APMD” maupun dari STPMD “APMD”.

 

 

Berikut ini materi yang disampaikan di kelas sebagai berikut: 

  • Kebijakan Pemkab Dairi  Terhadap Desa oleh Bupati Dairi.

  • Kebijakan Nasional Tentang Desa dan Tupoksi Kepala Desa oleh Drs. Riyadi Sunarto.

  • Penyusunan RPJMDes, RKPDes oleh Drs. Hastowiyono, MS.

  • Penyusunan APBDes dan Pengelolaan Alokasi Dana Desa oleh Masrukan, S.Sos., M.Si

 

  • Penyusunan Peraturan Desa dan Laporan  Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) dan LKPJ oleh Masrukan, S.Sos., M.Si.
  • Kepemimpinan Kepala Desa dan Pembentukan BUMDes oleh  Drs. Suharyanto, MM.
  • Sharing dengan Kepala Desa Wiladeg Gunung Kidul (Drs. Soekoco) terkait dengan pengalaman memimpin pemerintahan, pembangunan desa dan kemasyarakatan.

 

 

Adapun kegiatan out door meliputi:

  • Out Bond Game dalam rangka menjalin solidita s dan kerjasama antar peserta.

  • Studi Banding ke Desa Pucungrejo Kab. Magelang Provinsi Jawa Tengah. Di desa peserta saling bertukar pengalaman tentang pengelolaan ekonomi desa, penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakan desa bersama kepala desa, perangkat desa serta pengurus lembaga-lembaga kemasyara-katan)

 

Peserta juga berkesempatan wisata budaya ke Kraton Yogyakarta, Kraton Solo serta Candi Borobudur. Rangkaian acara bintek ditutup oleh Wakil Bupati Dairi. Pada acara penutupan disampaikan sertifikat serta berbagai door prize kepada peserta.

 

  

BERITA LAINNYA

STPMD "APMD"
Jalan Timoho 317
Yogyakarta 55225
Indonesia

FACEBOOK
TWITTER