Tentang APMD Pengurus Program Fasilitas Kerja Sama Alumni Berita Pengumuman Repository Portal Service Perpustakaan

STPMD "APMD" YOGYAKARTA

PROGRAM PASCASARJANA (S-2) ILMU PEMERINTAHAN


KULIAH UMUM oleh Bupati Kulon Progo



10 Oct 2017

KULIAH UMUM:

TATA KELOLA PEMERINTAHAN DAERAH

DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA

Oleh: dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K)

Bupati Kulon Progo

 

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan praksis taat kelola pemerintahan Daerah dan pemberdayaan masyarakat Desa bagi mahasiswa dan dosen Program Pascasarjana (S-2) Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” menyelenggarakan kuliah umum, dengan pemateri Bapak Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K), pada hari selasa, tanggal 3 oktober 2017, di Ruang Sutopo.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Program Pascasarjana (S-2) Ilmu Pemerintahan, Dr. R. Widodo Triputro dan para dosen: Dr. Tri Nugroho, Dr, Yuni Satia Rahayu, Leslie Angeningsih, Ph.D, Ir . M. Barori, M.Si, serta Drs. Suharyanto, MM serta para mahasiswa program Pascasarjana (S-2) Ilmu Pemerintahan, angkatan 17, 18 dan 19, yang berjumlah 76 orang.

Dalam paparannya, Bupati menjelaskan bahwa demokrasi pada hakekatnya bertujuan menyejahterakan rakyat. Oleh karena itu Bupati sebagai Kepala Daerah berusaha meningkatkan partisipasi masyarakat dalam tata-kelola pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat benar-benar dari, oleh dan untuk rakyat. Pemerintah berperan sebagai motivator, katalisator, dinamisator, dan mediator dalam proses tata kelola dan pemberdayaan itu. Seluruh gerak berlandaskan pada pandangan filosofis bahwa ideologi akan dapat mengalahkan teknologi dalam menyejahterakan rakyat. Ideologi yang terwujud dalam nilai-nilai kehidupan bersama yang konkret, seperti: gotong royong, kepedulian dan bela-rasa terhadap kehidupan rakyat. Hasilnya, muncul gerakan gotong royong membangun rumah, beras daerah (Rasda), Air Kulon Progo (Air-Ku), Batik Geblek, teh dan kopi suroloyo, yang merupakan produk-produk masyarakat lokal untuk memenuhi permintaan masyarakat luas dan hasilnya menyejahterakan masyarakat Kulon Progo.

Para dosen dan mahasiswa yang hadir sangat terkesan dengan paparan materi yang kreatif dan inovatif dan terkesan atas penyampaian materi yang menarik dengan contoh-contoh konkret yang mencerahkan. Acara yang dimulai pada pukul 16.30 itu akhirnya ditutup pada pukul 17.45 dengan foto bersama Bapak Bupati.